Rabu, 02 Desember 2009

Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar

Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar
Konsep Pendidikan Sesuai al-Qur’an dan as-Sunnah

Judul Asli: At-Tarbiyah wa at-Ta’lim fi Madrasati Muhammadiyah
Penulis: Dr Abdul Karim Akyawi
Penerbit: Darussalam Mesir

Edisi Indonesia
Judul: Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar Konsep Pendidikan Sesuai al-Qur’an dan as-Sunnah
Penerjemah: Muhyidin Mas Rida Lc
Cetakan: Pertama, Juli 2009
Penerbit: Pustaka al-Kautsar Jakarta
Ukuran: 13 x 17 cm
Halaman: xxii+130 hlm


Perubahan besar yang dibentuk Rasulullah saw di tengah-tengah kehidupan manusia tidak pernah ada tandingannya sepanjang sejarah. Meski dalam keadaan yang sangat sulit, sarana dan prasarana seadanya, dan dukungan massa terbatas. Tak ada kata putus asa. Hingga beliau saw mampu mengikis akar pemikiran dan tradisi jahiliyah kaumnya yang. Usaha keras Rasulullah saw berhasil membongkar pohon jahiliyah yang tertanam kuat di dalam hati kaum jahiliyah.

Beliau saw berhasil membangun peradaban dan budaya pencerahan yang gemilang. Islam berdiri tegak di atas puing-puing kejahiliyahan dan kondisi sosial primitif yang berkepanjangan.

Hal itu tidak lain, karena beliau saw memiliki metode pendidikan dan pengajaran yang tepat dan brilian. Metode yang menyinergikan akhlak mulia dengan ilmu pengetahuan, mengedepankan keteladanan daripada ucapan, bertahap dan berkesinambungan, mengorelasikan teori pengetahuan dengan percobaan. Kseuksesan itu karena metode yang dikawal dari Allah SWT yang ilmu-Nya meliputi segala tempat dan zaman.

Beliau saw telah meretas jalan sukses dalam bidang pendidikan dan pengajaran. sehingga mampu para sahabatnya sebagai generasi yang sanggup memikul amanah. Para sahabat radiallahu anhum kepada generasi berikutnya, melestarikan peradaban Islam yang rahmatan lil alamin. Meski Rasulullah saw wafat menghadap Tuhan semesta alam.

wali kelas V
supriyono
http://www.sabili.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=836:metode-nabi-dalam-mendidik-dan-mengajar&catid=68:resensi&Itemid=194