OUTING CLASS DI UMBUL SQUARE



Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Dolopo Madiun, Kemarin menggelar ‘outing’ di Umbul Square yang  berada kurang lebih 3 km dari Madrasah.  Para siswa – siswi yang mengikuti ‘Outsing class’ adalah siswa kelas 3.

Umbul Square merupakan wahana wisata yang berada di Kabupaten Madiun.  Di wahana ini ada tempat bermain anak-anak, kolam renang dan kebun binatang mini. 

Kegiatan outing class kali ini hanya difokuskan di wahana kebun binatang. Mereka didampingi oleh tiga guru pendamping. Selama mengelilingi kebun binatang yang ada di  Umbul Square tersebut pendamping tidak henti-hentinnya menjelaskan koleksi hewan yang berada di tempat tersebut.

Salah seorang guru pendamping, Siti Nafiah menjelaskan tujuan belajar di luar kelas di kebun binatang Umbul Square  tersebut untuk lebih mengenalkan berbagai satwa yang ada di dunia

''Untuk mengenalkan satwa, maka anak-anak saya bawa ke kebun binatang ini. Saya pikir kebun binatang ini, sesuai dengan tema pembelajaran yang kami berikan,'' jelas Siti Nafiah.
''Siswa yang kami bawa kurang lebih jumlahnya ada 54 anak,'' imbuhnya.

Di kebun binatang Umbul Square, anak-anak selain bisa belajar bagaimana cara menyayangi satwa dan lingkungannya, juga dikenalkan dengan aturan tempat wisata, seperti harus membuang sampah di tempat yang disediakan.

Para siswa tampak senang, ketika bisa berinteraksi dengan satwa koleksi kebun binatang setempat. Mereka juga tertarik dengan ular-ular besar, kura-kura yang ada di zona reptil & amphibi, serta ketika mengunjungi taman burung.

Sekar, salah satu siswa yang mengikuti Outsing class mengungkapkan kesenanganya. ‘ ini adalah pembelajaran yang menyenangkan. Selain mendapat melihat binatang-binatang juga mendapatkan ilmu dari bu guru”. (Supriyono, S.Pd.I)